August 13, 2011

Unforgettable Moment (July 22nd 2011)

Hey! Kali ini gue pingin ceritain tentang Java Rockin' Land 2011 day 1 kemarin nih. Emang telat sih. Tapi lebih baik telat daripada gak sama sekali kan?

Jumat pagi, 22 Juli 2011, gue sekolah dengan perasaan yang amat sangat gembira. Sampe-sampe temen-temen gue pada excited juga. Padahal kan yang nonton konser gue ya, tapi malah temen-temen gue yang heboh. Apalagi si Rika dan Eny tuh. They were more excited than me. Dan, saking excited nya gue dengan JRL, pelajaran terakhir gue sampe nggak konsen! Terus pas pulangnya, gue sempet cek Twitter gitu deh. Gue pingin tau ada berita terbaru atau nggak dari JRL. Dan pas gue ngecek mention gue, dan JENGJENGJENG... gue liat mention dari Andini kalau 30 Seconds to Mars di undur sampe jam 00:45 am karena ada kesalahan teknis gitu. (Ada juga yang bilang kalau si Tomo ketinggalan pesawat.) Bayangin deh, konser jam 1 pagi. JAM 1 PAGI! Gila gak tuh. Malem banget! (Malah udah pagi kali ya...) disaat orang lain udah bobo nyenyak, gue malah nonton konser. Dan asal tau aja, itu pertama kalinya gue nonton konser. Dan konser nya dini hari. MANTAP!

Ya udah akhirnya sampe rumah, gue siap-siap yang mau dibawa, abis itu bobo siang. Tapi gue baru bisa bobo jam 3 sore. Gue bangun deh tuh jam 4, gue mandi, dsb. Selesai itu gue nungguin om gue yang lagi ketemu anaknya yang ada di rumah saudara gue. Ya udah daripada gue gelisah sendiri di rumah, gue ngajak nyokap nyari glow stick (walau akhirnya gak dapet). Jam 6 sore gue sampe rumah, terus Shalat Maghrib, terus ganti baju. Dan gue udah siap tuh. Tapi gue nungguin om gue dulu. Pas om gue dateng, eh adzan Isya. Ya sudah akhirnya shalat Isya dulu. Gue akhirnya berangkat jam 8 malem. Dan dalam hati, gue berdoa semoga jalanan gak macet. Kalo sampe macet, nangis gue! Di jalan, hp gue rame banget deh. Bentar-bentar si Taufik sms-in gue terus. Nanya gue udah dimana mulu. Terus juga gue sms-an sama Rani, ya saling nanya udah dimana dll. Btw, tau ga sih, mereka tuh temen Twitter gue loh. Dan tau ga sih, udah hampir 2 tahun gue kenal Rani, kemarin pertama kalinya kita ketemu

Terus gue sampe Ancol jam 9 malem, dan gue NYASAR! Harusnya ke Carnaval Beach, malah jadi kemana. Terus akhirnya ketemu juga sih, hehehe. Dan gue ke Carnaval Beach sendirian! Om gue gak ikut soalnya gak ngerti lagu-lagunya. Ya sudahlah. Gue jalan sendirian tuh sampe pintu masuk. Jauh sekali. Dan gue udah kayak anak ilang. Ngeliat orang lain kan pada jalan sama temen-temennya, lah gue sendirian. Terus pas udah di pintu masuk, ada razia minuman. Ah parah, minuman gue kesita semua. Terus pas udah sampe di tempatnya, gue cengo. Gue mikir, "INI GIMANA CARANYA GUE NEMUIN RANIIIII????? LUAS BANGETTT" Terus si Rani, nelpon gue, nanya gue dimana. Gue bilang gue lagi nonton Blood Red Shoes. Terus dia bilag gue disuruh ke Main Stage yang sepi. Gue mana tau Main Stage dimana. Gue udah kayak orang bodoh disitu. Terus akhirnya gue nelpon Rani, gue suruh dia nungguin gue di deket tenda Bir Bintang. Yah, padahal ga rela juga, gue masih mau liat Blood Red Shoes, DRUMMER NYA GANTENG!!!! akhirnya, gue ketemu deh sama Rani. ihiy :>

Gue nyamperin deh, terus dia nanya ke gue "NURUL?" sambil jabat tangan gitu, gue jawab "iya..." dan aduh, tau gak sih, waktu pertama kali ketemu Rani, gue gemeteran. Malu..... Yah tau sendiri kan, gue yang kalo di dunia maya gak bisa diem, tapi di dunia nyata pendiem banget. Yang di dunia maya malu-maluin, di dunia nyata pemalu banget. Ya udah akhirnya gue, Rani, dan temennya ke Main Stage, terus lesehan gitu deh sama yang lain. Tadinya gue pingin nyamperin anak-anak Echelon Indo, tapi susah ke depannya. Gue jujur pingin banget ketemu sama kaka kaka ini --> Ka Githa, Ka Niken, Ka Bella, dan Ka LB (gatau siapa namanya, tapi di twitter suka di panggil LB) tapi aku malu kaka, makanya aku ga nyamperin kaka kaka sekalian :( Dan gue sempet syok ya, waktu sampe Main Stage, gue liat ke sekeliling gue, dan isinya anak kuliahan atau udah kerja semua. Gue rasa, gue, Rani, dan temennya satu-satunya yang masih sekolah. Dan tau ga sih, mereka pada ngerokok semua :( terus si Taufik nelpon gue, nanya gue dimana, dan karena gatau, akhirnya gue nyari si Taufik, untung ketemu. Gue balik lagi deh ke Rani. asal tau aja, waktu itu gue grogi setengah mati! gue jarang ketemu sama orang2 baru kayak gitu. Dan gue yakin, setiap Rani dan Taufik ngajak gue ngomong, pasti jawabannya ga nyambung. hehehehe. sekitar jam 12 kurang, orang-orang pada berdiri. Padahal itu baru Check Sound doang loh. terus, tiba-tiba ada yang nyelusup-nyeslusup gitu di belakang gue, pas gue nengok, ada 2 anak cewek sepantaran Rani lah. Tapi gue gatau siapa. Eh taunya itu Andini dan temennya.

Selama berdiri itu, gue berusaha untuk nyelusup-nyelusup ke depan. Tapi susah. Sekitar setegah jam berdiri, kok pegel juga yah. Akhirnya gue duduk deh sama Rani, lumayan bisa istirahat. Eh sekitar jam setengah satuan, si Tria Changcuters muncul di panggung, tapi orang-orang pada nyuruh dia turun gitu. hahaha. Orang-orang malah teriak-teriak WE WANT MARS! WE WANT MARS! dan akhirnya diikutin yang lain. Taunya kita disuruh nyanyi Indonesia Raya sama Tria. Gue nyanyi bentar, abis itu diem lagi. Irit suara, irit energi juga. hehehe. Dan sekitar jam 00:42 am, seorang cowok berotot berkaus tangan buntung warna putih yang gantengnya minta ampun itu muncul. Oke itu adalah SHANNON!!!!!!!!! Dan semenjak itu, predikat gue sebagai anak cewek yang kalem pun hilang. Gue teriak "SHANNOOOOOOOOOOOOOOOONNNNNNNNNNNNNNNNN" sekenceng-kencengnya. Dan gue langsung teriak-teriak gak jelas gitu. Lo tau gak? LO TAU GAK???!!!! SHANNON GANTENG BANGET-BANGETAN! BAHKAN DIA LEBIH GANTENG ASLINYA DARIPADA YANG DI VIDEO. Shannon oh Shannon..... waktu itu, posisi gue masih gak memungkinkan melihat Shannon dengan jelas. Karena gue kehalangan orang-orang yang tinggi-tinggi di depan gue. Dan mendadak gue denger suara Jared, tapi gue masih belum bisa ngeliat Jared secara jelas.

Gue jinjit-jinjit biar bisa ngeliat Jared, tapi masih kehalangan orang-orang di depan gue. Akhirnya bisa liat juga sih, tapi belum jelas banget. Dan saat itu gue langsung keingetan Tomo! Orang yang pingin gue liat secara langsung. Gue jinjit, loncat dan sebagainya demi bisa liat Tomo, tapi gak keliatan juga! yang keliatan cuma gitarnya doang! :( Posisi nya Tomo di belakang banget (kayaknya). Ah Tomo... :'( oke dan lagu pertama yang mereka nyanyiin adalah ESCAPE. Jujur gue nggak hapal lirik nya. Yang gue hapal tuh cuma bagian THIIIIIS IS WAAAAAAAAAAR nya doang. Dan setelah ESCAPE, dilanjutin lagu A BEAUTIFUL LIE. Crowd mulai rusuh. Orang-orang di samping dan belakang gue mulai dorong-dorongan. Dan gue pegangan di baju cowok di depan gue, biar gue nggak jatuh. Peace ya hehe. Gue nyanyi sekenceng-kenceng nya. Gue nyanyi sambil sesekali nge foto Jared dan Shannon. Tapi hasilnya jelek soalnya pada dorong-dorongan, dan gue harus tetap jaga keseimbangan kalau gue nggak mau jatuh. Crowd nya GILA! GILAAAAAAA BANGET! dorong-dorongan terus. Dan gue nyanyi dan moshing sambil susah payah buat tetap berdiri biar nggak jatuh. Dan yang paling ngeselin, tali tas gue merosot terus, jadi gue sekali-kali harus benerin tali tas gue, biar tas gue nggak jatuh. Lagu ketiga itu ATTACK. Dan Crowd makin rusuh lagi. Dorong-dorongan nya makin gila. Dan gue (lagi-lagi) harus bertahan untuk tetap berdiri.
"RUN AWAY, RUN AWAY, I'LL ATTACK... RUN AWAY, RUN AWAY, GO CHASE YOURSELF..."
Gue nyanyi lagu ini dengan sekuat tenaga. Teriak sekencang-kencangnya. Sampai-sampai orang di depan gue ngeliatin gue. Tapi gue bodo amat. Gue terus nyanyi lagu itu sekencang-kencangnya. Karena lagu itu lagu favorite gue! xD Selesai lagu ATTACK, dilanjutin lagu SEARCH AND DESTROY. Berhubung gue nggak hapal lagu itu (waktu itu belum suka lagu ini, tapi setelah konser jadi hobi dengerin lagu ini), jadi gue diem aja. Dan di lagu ini, Jared nya udah keliatan. Jadi gue sibuk foto-foto-in Jared dan Shannon, walau (lagi-lagi) hasilnya gagal. Di lagu ini, Jared mulai banyak ngomong gitu ke fans nya. Dia komunikatif banget deh pokoknya. Jared ngajak dua fans buat naik ke stage. Ah, sumpah, beruntung banget yang bisa naik ke stage itu.

Lagu kelima yang mereka bawain itu THIS IS WAR. Dan gue langsung semangat lagi, karena gue hapal lagunya. Gue nyanyi dan moshing dengan penuh semangat. Gue nggak peduli sama orang-orang yang dorong-dorong gue dari belakang maupun samping. Soalnya gue udah pegangan di baju orang. hohoho. Tiba-tiba, banyak balon-balon merah yang besar beterbangan (?), aaaah sumpah keren banget deh. Gue pukul-pukulin balon itu biar terbang. Tadinya sih gue pingin tangkep balonnya, terus pingin gue bawa pulang. Tapi kan nggak lucu ya, lagi konser sambil megang-megang balon. Dan ntar gue disangka kampungan lagi. hahaha. Gue lupa ada kejadian apa aja di lagu ini, soalnya gue udah sibuk nyanyi sambil mukul-mukulin balonnya biar terbang. :P Setelah lagu This Is War, lanjut nyanyiin lagu 100 SUNS. Berhubung lagunya mellow, jadi Crowd juga nggak serusuh sebelumnya. Jadi gue bisa nyantai sedikit.

Lagu ketujuh yang mereka nyanyiin itu VOX POPULI. Dan Crowd makin rusuh, makin gila. Dan gue juga semakin rusuh sendiri pas lagu ini. Pas di bagian "Ever want to just stop?", lagunya mendadak berhenti gitu (gue selalu inget bagian ini sampe sekarang), si Jared megang senter nya yang gede itu, terus di sorot-sorotin ke Crowd. Yang paling gue suka, waktu Jared nyenterin dirinya sendiri pas bagian, "here we are at the start, I can feel the beating of our hearts". Ah keren deh pokoknya!!!! Selesai lagu Vox Populi, lanjut L490. Dan saatnya Shannon yang beraksi!!!! Mendadak gelap gitu kan, gue kira mati lampu (?), taunya emang sengaja kayak gitu. Shannon duduk sambil mainin gitar. Dan mendadak, entah suara darimana, ada yang teriak "JAREEEEDDDD JAREEEEEDDDDD". Heh, gue yakin ini fangirls yang teriak macem begini. Udah tau yang lagi beraksi (?) itu Shannon, kenapa malah Jared yang diteriakin? ckck.

Selesai L490, Jared langsung pegang gitar gitu. Dia ke stage yang lebih kecil yang kalo dari posisi gue, itu letaknya ada di sebelah kiri. Dan otomatis crowd langsung puter badan (?) ke kiri. Kasian banget ya si Shannon dan Tomo dikacangin. (???) Dan gue amat sangat beruntung disini. Kenapa? Gue kedorong-dorong sampe dibarisan ke 6 dari depan! Bayangin, yang tadinya gue dibelakang, mendadak jadi di depan gara-gara kedorong-dorong orang. Lagu selanjutnya itu FROM YESTERDAY. Gue sempet kecewa sedikit, soalnya gue nggak ngehapalin lagu ini! Tapi ya udahlah, gue ikut nyanyi aja. Untung gue lumayan hapal lagu ini. Lagu ini dibawain akustik. Selesai nyanyiin From Yesterday, Jared nyanyiin lagu Alibi. Suasana disitu menjadi lebih tenang. Gue ikutan nyanyi beberapa kali doang, karena gue nggak terlalu hapal. Dan disini gue sempet-sempetin untuk cari oksigen. Asal tau aja, waktu itu tuh padet banget. Mau napas aja susah. Pengap banget deh pokoknya. Selesai lagu Alibi, Jared nanya mau nyanyiin lagu apa, ada yang teriak "The Kill! The Kill!" ada juga yang teriak "KINGS!!!! KINGS AND QUEENS!!!" ada juga yang teriak "CLOSER!!! CLOSER!!!!" dan tadinya gue pingin teriak "NIGHT OF THE HUNTER!!!!", tapi nggak jadi. Terus si Jared kayak mainin sebuah lagu gitu pake gitarnya, terus berhenti lagi, mainin lagi, berhenti lagi. Sampe-sampe gue denger ada beberapa orang yang gemes gara-gara dia.

Akhirnya Jared nyanyiin THE KILL. Dan Crowd mulai moshing. Gue mau moshing, tapi orang di sebelah kiri gue naruh tangan nya di pundak gue, jadinya gue cuma nyanyi aja. Dan pas bagian yang "I tried to be someone else, but nothing seemed to change", gue berhenti nyanyi, gue kehabisan napas!!! Gue dengak buat nyari oksigen, tapi percuma saking pengapnya. Ya udah gue tarik napas dalem-dalem, abis itu gue buang. (ya iyalah, kalo nggak, gue mati dong-_-)Selesai lagu The Kill, Jared nyanyi "Do you really want? Do you really want me?" Terus Crowd rusuh gitu deh. Tapi yang paling rusuh itu yaaa fangirls. Dan Hurricane jadi lagu ke-duabelas yang dinyanyiin. Gue ikut nyanyi, tapi nggak seheboh tadi. Gue nggak moshing juga, soalnya gue udah mulai capek. Makanya gue nyanyi sambil berdiri diem. Sayangnya, lagu ini yang versi 30 Seconds To Mars nya. Bukan yang feat Kanye West. Sedangkan gue hapalnya yang feat Kanye.

Selesai lagu Hurricane, Jared balik ke stage yang gede, dan otomatis Crowd berputar lagi, dan gue maju beberapa baris. Posisi gue semakin dekat dengan front row. Ah, senangnya. Dan terdengarlah intro lagu CLOSER TO THE EDGE. Jared ngomong-ngomong gitu, yang gue inget, Jared ngomong begini "Put your hands up, jump...." dan selanjutnya gue nggak inget. Abis itu Jared joget muter-muter gitu sambil nyorotin senter nya, dan yang terjadi selanjutnya adalah, JARED AMBIL BENDERA MERAH PUTIH, DIA KIBAR-KIBARIN BENDERANYA, ABIS ITU DIA BALIK KE STAGE YANG LEBIH KECIL, DAN DIA NGALUNGIN BENDERA MERAH PUTIH ITU DI BADANNYA! Gue terharu liatnya. Gue pingin nangis, tapi nggak bisa. Seumur hidup, gue belum pernah sekalipun nyentuh bendera merah putih, tapi idola gue, yang baru pertama kali ke Indonesia, ngalungin bendera merah putih di badannya. Sayang seribu sayang, Jared kebalik ngalungin bendera nya. Harusnya kan merah putih, malah jadi putih merah. Tapi ya udahlah nggak apa-apa. Dan, semuanya mulai nyanyiin Closer To The Edge. Akhirnya, gue bisa nyanyiin lagu ini bareng 30 Seconds To Mars secara LIVE! Bukan dari video. Di lagu ini, Jared sering ngomong "JUMP JUMP JUMP", dan semuanya nurut sama Jared. Gue melompat-lompat selama menyanyikan lagu CTTE. Dan semua orang pun begitu. "NO NO NO NO, I WILL NEVER FORGET. NO NO, I WILL NEVER REGRET. NO NO, I WILL LIVE MY LIFE!" di bagian ini, semua orang meninjukan tangannya ke udara (kayak di video clipnya.) Dan pas udah di bagian akhir, Jared ke stage yang gede, naruh bendera nya, abis itu joget muter-muter lagi di stage gede itu. Oh ya! Di lagu CTTE ini, tiba-tiba ada hujan confetti! Gue sempet nangkep beberapa, tapi gue buang, karena gue kira itu kertas kosong, (dan gue baru tau dari temen gue kalo confetti itu ada isinya! sumpah gue nyesel banget waktu itu!). Dan selesai lagu CTTE, Shannon pergi, Jared pergi, dan gue sempet liat Tomo naruh gitarnya terus pergi. Dan mendadak jadi gelap. Gue bingung, kok gitu doang? Lagu Kings And Queens nya manaaaa?????

Eh, nggak lama kemudian, mereka balik lagi ke stage, kedengeran intro KINGS AND QUEENS. Dan, banyak orang-orang yang naik ke stage! Gue berusaha untuk naik, tapi nggak bisa!!! Sedih banget. Dan baru-baru ini, gue dikasih tau orang kalau yang naik ke stage waktu itu tuh kebanyakan bukan ECHELON. Melainkan para poser, dan sebagainya. Jujur gue kesel pas tau itu. Pas lagu Kings And Queens gue cuma ikut nyanyi beberapa kali doang, soalnya gue udah lemes banget. Udah capek, udah keabisan napas. Pas di pertengahan lagu Kings And Queens, Jared nyuruh Crowd untuk jongkok. Dia jongkok sambil lambain tangannya ke bawah sambil terus ngomong "GET DOWN", dan semuanya pada ikutan. Tapi cuma setengah jongkok aja. hehehe. Dan makin lama musik nya makin kenceng, dan semuanya langsung berdiri gitu. Jared ngangkat tangannya, terus Crowd pada "OOOHHH OOOOHHHHH OOOOOHHHHH!", dan nggak lama kemudian, lagunya selesai. Dan ya, konser nya selesai. Sedih sih sebenernya. Gue masih pingin liat mereka lebih lama lagi. Tapi kalau udah selesai, ya mau diapain lagi kan? Masing-masing Crowd mulai bubar, gue diem sebentar disitu, ngehirup udara, abis itu gue jalan ke pintu keluar.

Pas gue jalan ke pintu keluar, kok kayaknya ada yang aneh ya sama jalan itu. Dan gue mikir, pasti gue salah jalan deh. Ya udah gue balik lagi. Eh tiba-tiba, ada bapak-bapak bilang, "Awas, dek, jangan di jalan, dek." dan ada motor polisi lewat. Gue langsung minggir, dan gue ngeliat mobil sedan lewat. DAN DI DALAM MOBIL ITU ADA JARED DENGAN TANGAN DIKELUARIN. Gue langsung lari ke mobil itu, dan gue sebisa-bisanya buat pegang tangan Jared, tapi gagal! Mobilnya cepet banget jalannya! Oya, gue beruntung karena gue cuma satu-satunya cewek disitu. Dan disitu juga cuma ada beberapa orang cowok doang. Setelah mobilnya nggak keliatan lagi. Gue jalan ke pintu keluar. (Kali ini nggak nyasar). Dan, gue pulang.

-SELESAI-


That night was the best night ever in my life. I saw my favorite band live! I will never forget that moment. Thank you so much Java Rockin'land. For 30 Seconds To Mars and Echelon, I'm sure, one day we'll meet again. :)